Pasar Digital ( E-Commerce )

Posted: Mei 7, 2011 in E-Commerce

Perbandingan dari sudut Pembeli

  • Product Price (P)

yaitu total jumlah biaya yang harus dibayar perusahaan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan dimana didalamnya telah termasuk biaya produksi, biaya koordinasi (manajemen), dan margin keuntungan (profit margin)

  • Search Costs (SC)

adalah biaya yang diperlukan oleh pelanggan atau calon pembeli ketika harus meluangkan waktu, tenaga, dan biaya dalam mencari produk atau jasa yang diinginkan.

  • Risk Cost (RC)

Adalah factor biaya yang harus diperhitungkan oleh calon pembeli sehubungan dengan proses atau aktivitas pembelian dipasar konvensional maupun pasar digital.  Economic Risk, berkaitan dengna kemungkinan hilangnya uang dalam proses pembelian   produk;

  • Performance Risk,

berkaitan dengan kemungkinan tidak didapatkannya kualitas produk seperti yang diharapkan

Personal risk, berkaitan dengan kemungkinan adanya kerugian lain yang dapat menimpa individu sehubungan dengan metode pembelian yang dipilih

  • Distribution Costs(DC)

Adalah biaya pengiriman yang harus ditanggung oleh calon pembeli

  • Sales Tax

Adalah besarnya pajak yang harus dibayar oleh pembeli ketika yang bersangkutan membeli produk atau jasa tertentu.

  • Market Cost

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk dapat berpartisipasi (masuk) kedalam pasar tertentu dengan tujuan melakukan jual beli

Perbandingan dari sudut Penjual

  • Marketing and Advertising Costs (AC)

Upaya meningkatkan marketing dan pengiklanan

  • Overhead Costs (OCs)

Adalah biaya tetap yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam mengelola aktivitas bisnis sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan penjualan produk-produk terkait. Contoh biaya sewa kantor, biaya telepon, listrik, kertas dan lain-lain

  • Inventory Costs(ICs)

Adalah biaya total yang harus dialokasikan karena tidak menentunya permintaan (demand) terhadap produk yang ada, sehingga perusahaan harus memiliki stok baranh yang cukup, contoh biaya pengadaan dan penyimpanan baran.

  • Production Costs (PCs)

Biaya total yang dibutuhkan untuk menciptakan pruduk dari bahan mentah atau bahan baku (setengah jadi) yang dimiliki perusahaan.

  • Distribution Tax (TCs)

Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mendistribusikan produk-produknya sampai ke tangan pelanggan (baik secara langsung, atau melalui wholesaler maupun retailer)

Sumber : MatKul E-Commerce (Nando)

Komentar
  1. niscintananggikbulssygnybuls mengatakan:

    hai mksh yahh ud bntuin kita garap sim you are my inspiration :*
    leh nal gak?
    aku suka esgrem.,pengen njilatin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s