Hati-Hati! Virus Dalam URL-Shortening

Posted: Oktober 3, 2009 in Teknologi

dcljEJDiV0JAKARTA – Dalam memposting URL yang terlalu panjang, kadang dibutuhkan URL-Shortening. Namun kadang URL tersebut berisi link bervirus.Meskipun Twitter semakin populer, situs mikroblogging ini memiliki keterbatasan dalam melakukan sharing website dengan URL panjang dan di sini utilities pemendekan URL (URL-shortening) dapat membantu. Dengan tools tersebut pengguna dapat memasukkan sebuah link dalam batas 140-karakter, yang akan mengarahkan siapapun yang mengklik URL tersebut ke URL yang lebih panjang dan website yang dituju.

Menurut ahli keamanan jaringan dari Symantec, melalui keterangan resminya, Jumat (2/10/2009), ada satu kelemahan di sini. Dari sudut pandang keamanan, seseorang kerap tidak mengetahui ke mana sebuah link mengarah sampai dia mengklik link tersebut. Mengklik link dengan cara seperti ini benar-benar merupakan sebuah kenekatan dalam hal keamanan.

Sayangnya para pembuat malware telah memanfaatkan hal ini. Symantec Security Response telah mengamati bahwa para penjahat dunia maya menggunakan URL yang diperpendek ini untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi menyesatkan. Dengan menggunakan tweet yang menggoda dan term pencarian Twitter yang umum digunakan, mereka bertujuan mendorong pengguna lain untuk mengklik link-link yang diperpendek sehingga mereka menjadi korban dari sebuah program jahat.

Baik Twitter maupun layanan pemendekan URL tidak dapat disalahkan dalam di sini. Ini hanyalah satu kasus lain di mana penyerang jahat menggunakan sebuah teknologi netral sebagai alat untuk tujuan penipuan. Karena kedua layanan tersebut merupakan teknologi nyaman yang berkembang pesat, bagaimana Anda melindungi diri Anda sendiri?

Berita baiknya adalah Firefox maupun Internet Explorer menawarkan browser plug-in yang dapat mengecek URL yang diperpendek tersebut dan menunjukkan URL terakhir sebelum pengguna mengklik URL tersebut. Meskipun tidak bisa mengkonfirmasi apakah link tersebut jahat, paling tidak dengan browser plug-in ini pengguna akan lebih hati-hati sebelum mengklik.

Meskipun aplikasi-aplikasi menyesatkan yang saat ini ditawarkan dengan cata seperti nitu sangat serupa, kita akan melihat lebih banyak variasinya di masa yang akan datang. Prngguna yang meninstal antivirus Symantec akan terlindungi karena software tersebut dapat mendeteksi dan memblokir resiko-resiko seperti itu sehingga tidak diunduh ke dalam PC mereka.

Sumber : http://www.okezone.com

Komentar
  1. Short Url mengatakan:

    For the landing page, instead of marketing your tracking link which contains a bunch of numbers and letters, we offer a shortened version. Short Url

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s