Kenakalan Remaja

Posted: September 11, 2009 in Pendidikan
Kenakalan Remaja

Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.

Definisi kenakalan remaja menurut para ahli

  • Kartono, ilmuwan sosiologi
    Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.
  • Santrock
    “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti?

Masalah kenakalan remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat.

Jenis-jenis kenakalan remaja

  • Penyalahgunaan narkoba
  • Seks bebas
  • Tawuran antara pelajar

Penyebab terjadinya kenakalan remaja

Perilaku ‘nakal’ remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Faktor internal:

  1. Krisis identitas
    Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
  2. Kontrol diri yang lemah
    Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Faktor eksternal:

  1. Keluarga
    Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
  2. Teman sebaya yang kurang baik
  3. Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja:

  1. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
  2. Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
  3. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
  4. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
  5. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

Sumber : AsianBrain.com

Komentar
  1. iqbal mengatakan:

    eh eh gw gg ngerti dah –a

  2. Thry Phink mengatakan:

    Wah, . . . Wah, . . Wah. . .remaja zmn zkrng nakal2 eah? Jewer ajh kupingx. . . Hehehe. Thankz eah. Aq c0py u/ tUgas. Mkci bngt l0ch penJelasanx.

    • tedilukmana mengatakan:

      jewer aja kupinya klo yang nakal”.. hehehe,..
      iya sama”, moga artikel yang saya post d blog saya, bisa bermanfaat buat saya, anda dan semua..
      terima kasih dah mau ngunjungin blog saya.,😀

  3. yunie mengatakan:

    eH.. eheh.. kenakalan remaja, yang paling banyak tuch berupa apaan ce?

    • tedilukmana mengatakan:

      sebelumnya maksih banget buat yunie yang dah mau ngunjungin blog saya n mau comment juga.
      klo di bilang banyak sebenrnya banyak banget kenakalan remaja sekarang, namun kita ambil salah satu contoh kenakalan remaja yang sampai sekarang tak pernah berhenti dan selalu bertambah korbanya, yaitu Penyalahgunaan narkoba dan Seks bebas mungkin ini menurut saya kenakalan remaja yang paling banyak pengunaanya dan menelan banyak korban.
      terimakasih🙂

  4. reo mengatakan:

    beri sangsi untuk remaja yang jahatnya melampaui batas sebagai anak remaja yang belum dewasa

    • novan risyan mengatakan:

      truz mzlnx qm sebagai remaja tersebut,, pa qm mau d sangsi,,
      mental ddy mzh lbil sob,, qt krng hruz ngertikin dy / klu biza kzh zuport dalam hal pozif ..

  5. tina mengatakan:

    bgi yg mau uraan maen spd mtr pkr ulg deh
    npa bkat km gak km salurn ja buat mengharum kan nama indonesia!
    ga usah cr perhatian dg bunyiin mtr keras2atw yg laen per cuma!!
    yg da orang2 malah pada sebel

  6. astrida nurviani mengatakan:

    eh lu di jakarta mau jadi jagoan
    eh makanya beribadah sama ALLAH biar lu pada yg kecanduan
    gak kegoda ???????

  7. novan risyan mengatakan:

    dari berbagai peristiwa kenakalan remaja kita tidak bisa meyalahkan salah satu pihak karna kanakalan remaja tersebut disebabkan banyak faktor misalnya kurangnya perhatian orang tua, pergaulan yg salah, tau yg lain oleh karna itu, kita sebagai remaja jangan mau di kuasai emosi, karna sesunguhnya emosi dapat merugikan kita dan q punya masukan buat para ortu jangan terlalu ngekang anaknya karna dapat berakibat buruk bagi kejiwaannya, beri mereka kebebasan yg punya aturan. key makasih.

  8. dhea mengatakan:

    peristiwa kenakalan remaja sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari, banyak remaja menyatakan bahwa penyebab dari kenakalan remaja adalah kurangnya rasa perhatian dari orang tuanya,,, untuk itu saya mewakili semua remaja jangan lah menyalahkan para remaja bila terjadi hal tersebut.. karna sebagian dari itu adalah kesalahan dari orang tua, tips bagi orang tua, jangan lah terlalu mengekang anaknya karna akan berakibat buruk bagi mentalnya.. thanks

  9. miss. diamondra mengatakan:

    ih,
    jangan cuma remaja ajh dund,
    tapi orang tua juga,
    banyak banget tauuuuuuu…………
    cuma kalo yang udah bangkotan pada gengsi semua’a,
    hahahahaha
    kadang ada juga se remaja yang didalem keliatan baek,
    tapi ternyata diluar’a blangsatan…..
    humph,
    kasian ia para orang tua.
    q dikategoriin remaja bandel gak ia????
    mudah2n ajh gak deh

    • tedilukmana mengatakan:

      zaman era globalisasi sekarang semakin mengkhwatirkan, intinya si remaja” sekarang ntu harus di dideketin lagi ma ajaran” agama, biyar imanya kuat n tidak mudah terjerumus ke hal” yang negatif.

  10. irama harefa mengatakan:

    kak mohon agar artikelnya dikembangkan ya kak? agar aq dapat mendapat informasi yang lebih banyak lagi dari yang sekarang okkkkkk?

  11. hhe .
    aku kopii kenakalan remaja ini bwt tugas ce .
    :DD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s